Aman dan Nyaman dalam Perlindungan Tuhan

Mazmur 31 : 1 – 25
Saudara-saudara,
Salah seorang ahli pikir mengatakan bahwa pada dasarnya kehidupan manusia itu selalu berada dalam kekuatiran atau keadaan terancam.
Ketika seorang bayi lahir ke dunia, ia mengawali kehidupannya dengan jerit tangis memilukan. Kalaulah boleh dikatakan, ia secara naluri mengetahui bahwa keadaan di luar perut ibu adalah keadaan yang tidak aman, keadaan yang mengancam.
Dalam perjalanan kehidupan selanjutnya, secara naluriah setiap orang selalu berupaya untuk mencari atau menciptakan keadaan yang aman dan nyaman. Katakanlah, bahwa semua orang selalu membutuhkan keamanan dan kenyamanan.
Apakah saudara-saudara juga butuh keamanan dan kenyamanan?
Ketika kita masih bayi, kita merasa bahwa keadaan yang paling aman dan paling nyaman itu adalah dalam kandungan ibu.
Ketika kita masih kanak-kanak, kita merasa aman dan nyaman dalam perlindungan orang tua kita.
Tapi ketika kita sudah dewasa, sudah jadi orang, dimanakah kita bisa merasa aman dan nyaman?
Menurut pemazmur, Tuhan adalah tempat perlindungan yang paling aman dan nyaman.
3….”Jadilah bagiku gunung batu tempat perlindungan, kubu pertahanan untuk menyelamatkan aku!
4Sebab Engkau bukit batuku dan pertahananku, dan oleh karena nama-Mu Engkau akan menuntun dan membimbing aku. “…
Saudara-saudara,
Apakah artinya jika Tuhan adalah tempat perlindungan kita? Bagaimanakah cara berlindung kepada Tuhan itu? Mari kita pikirkan dan renungkan bersama.
Tempat yang aman dan nyaman itu adalah tempat yang membuat kita merasa dikasihi dan disayangi. Tempat yang aman itu adalah tempat kita diperlakukan dengan baik dan dianggap berharga dan penting.
Kita bisa saja merasa aman karena tidak ada yang melukai tubuh kita, tidak ada penyakit yang menggerogoti tubuh kita. Tidak ada orang yang mencuri harta milik kita.
Namun demikian, jika ada yang melukai hati kita, menghina dan menginjak-injak harga diri kita pastilah kita merasa tidak aman dan nyaman. Tubuh aman tapi hati dan jiwa kita tidak aman.
Karena itu, soal aman dan nyaman adalah soal terpenuhinya kebutuhan lahir dan batin, jasmani dan rohani, material dan sosial.
Jika Tuhan adalah tempat perlindungan kita, maka kita mempercayai Tuhan yang memberi jaminan akan terpenuhinya kebutuhan kita lahir dan batin, jasmani dan rohani, material dan sosial.
Cara berlindung kepada Tuhan adalah mempercayai dan mengandalkan Tuhan dalam setiap keadaan.
Saudara-saudara
Tuhan Allah berkenan menjadi Bapa bagi kita yang percaya kepada-Nya. Tuhan Allah berkenan menjadi Ibu bagi kita yang mengandalkan Dia.
Tuhan Allah adalah Bapa yang baik dan Ibu yang penuh kasih sayang. Karena itu, kita akan sungguh-sungguh aman dan nyaman jika berlindung kepada-Nya.
Saudara-saudara,
Dunia ini memang bukan tempat yang aman dan nyaman. Selalu saja ada ancaman atas kehidupan kita. Bahkan kadang dalam rumah sendiri pun kita masih merasa terancam.
Ada bermacam-macam ancaman. Misalnya, ancaman yang bisa melukai tubuh kita: kecelakaan kerja, kecelakaan lalu-lintas. Ancaman yang bisa merusak fungsi-fungsi dalam tubuh kita: penyakit, kelaparan, kurang gizi. Ancaman yang bisa melukai hati kita: dihina, dibenci, dijauhi, tidak dianggap atau dicuekin. Ancaman yang bisa merusak hubungan kita dengan sesame: pertengkaran, perselisihan, permusuhan.
Lantas bagaimanakah kita bisa menemukan Tuhan yang menjadi tempat perlindungan?
Kita bisa menemukan Tuhan yang memberi rasa aman dan nyaman, ketika kita berdoa. Pada saat berdoa kita sadar bahwa hidup kita adalah milik Tuhan. Segala hal yang kita kuatirkan dapat kita serahkan kepada Tuhan. “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu”(1Petrus 5:7)
Kita bisa menemukan Tuhan yang memberi rasa aman dan nyaman, ketika kita beribadah bersama jemaat. Dalam ibadah bersama itu kita mengalami kebaikan Tuhan dalam perjumpaan dengan saudara-saudara seiman. “Beribadahlah kepada Tuhan dengan sukacita… sebab Tuhan itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya.”(Mazmur 100:2,5)
Kita bisa menemukan Tuhan yang memberi rasa aman dan nyaman, ketika kita saling mengasihi dan saling memperhatikan. Dalam berkeluarga dan dalam hidup berjemaat kita bisa menemukan Tuhan, kalau saja kita sungguh-sungguh saling mengasihi dan saling memperhatikan.
Kita bisa menemukan Tuhan yang memberi rasa aman dan nyaman, ketika keadilan yang berpihak di perjuangkan, hukum ditegakkan dan masyarakat hidup dalamdamai dan tertib.
Saudara-saudara,
Kenyataannya, kita hidup dalam situasi yang diwarnai oleh berbagai ancaman yang mencemaskan dan menakutkan. Tetapi kita bisa merasa aman dan nyaman, jika kita mempercayai dan mengandalkan Tuhan sebagai tempat berlindung.
“Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu”(1Petrus 5:7)
Amin.

0 comments:

 
My Ping in TotalPing.com