5 Teknik Tersembunyi dalam Windows

Menebar Mimpi ke Pelosok Desa - Sebelum melakukan berbagai teknik yang tersedia dalam artikel ini, sengaja artikel ini diawali dengan bab berjudul Baca Saya. Istilah baca saya dalam dunia computer lebih dikenal dengan sebutan Readme. Dimana readme adalah sebuah file yang berisikan berbagai informasi penting sebelum menjalankan suatu program, juga disertai syarat-syarat untuk menggunakan suatu program. Begitu pula dengan artikel ini, diawali dengan bab Baca Saya (Readme). Melalui bab ini penulis ingin berbagi sedikit pengetahuan didalam menemukan/mencari berbagai teknik tersembunyi yang terdapat didalam windows.
            Selama mencari berbagai teknik ini, tidak jarang penulis salah melakukan perintah misalnya salah mengetikkan kode dan sebagainya. Penulis pernah kehilangan data, dan juga menginstall ulang windows, termasuk memformat hard disk. Semua itu penulis lakukan sebagai percobaan untuk menemukan teknik yang tersembunyi dalam computer dengan system operasi windows. Dari berbagai pengalaman penulis yang suka mengotak-atik windows dan computer, yang kemudian penulis kumpulkan dalam dokumentasi sehingga menjadi sebuah artikel.
Apa yang diuraikan didalam artikel singkat ini, khusus membahas masalah windows sepenuhnya, tanpa menggunakan Registry Windows, dan juga tanpa harus menginstall software khusus, melainkan apa yang tersedia didalam computer dengan system operasi windows umumnya sebagai default. Sebab kebanyakan pemakai computer masih kurang memahami masalah Registry Windows, kita akan menggunakan teknik-teknik yang sederhana tapi menghasilkan sesuatu yang luar biasa, seperti bagaimana mengoptimalkan komputer, meningkatkan keamanan, mempermudah penggunaan windows.
Sebelum menggunakan teknik-teknik didalam artikel ini. Penulis ingin menyampaikan sebuah pesan yang perlu diperhatikan dengan baik. Jika kode-kode tertentu yang harus dituliskan. Perhatikanlah dengan baik sebab jika dengan salah memasukannya maka teknik tersebut tidak dapat berjalan dengan baik bahkan juga tidak berjalan sama sekali. Jadi telitilah dalam bekerja. Begitu pula jika pembaca merasa ada file data yang harus diamankan atau sebaiknya membuat sebuah backup atau cadangan. Karena penting untuk melindungi data yang hilang atau rusak. walaupun dalam buku ini teknik-teknik yang diajarkan tidak akan merusak apalagi menghilangkan data dalam computer kita. Sebab dalam konsep keamanan computer perlu sekali untuk membuat sebuah cadangan bagi file yang penting. Dan teknik-teknik yang kita lakukan ada yang langsung daapat kita amati atau rasakan perubahannya dan ada juga yang harus me-restart ulang computer. Jadi jangan cepat kecewa jika hasilnya belum bekerja, cobalah untuk merestart ulang computer terlebih dahulu.
Selanjutnya marilah kita mulai melakukan teknik-teknik tersembunyi dalam Windows.
5Teknik tersembunyi dalam Windows

1.    Meningkatkan kinerja Windows
Sebagai teknik yang pertama, kita akan melakukan usaha untuk meningkatkan kinerja windows  dengan mempercepat StarUp Windows, dan juga dapat meningkatkan performa windows yang kita gunakan. Caranya adalah: masuklah kedalam Control Panel, pilihlah icon System. Setelah kotak dialog muncul klik tab Performance. Dan didalam bagian performance tekan tombol File System, disana kita dapat melakukan beberapa pilihan yang dapat diotak-atik. Disini kita hanya akan membahas beberapa cara saja. Yang pertama pilih Hard Disk. Yang harus kita lakukan disini adalah geserlah Read-ahead optimization sampai full. Tapi jika kita sering melakukan banyak Multi tasking, sebaiknya ia dimatikan saja. Karena disaat computer tidak membaca informasi yang benar sebelum waktunya, dapat mengurangi performa computer yang kita gunakan. Kemudian kita pilih tab CD-ROM, yang harus kita lakukan disini adalah: menggeser Supplemental cahche size menjadi Large. Dengan dilakukan cara ini, dapat menyimpan lebih banyak data dari CD saat diperlukan. Kita juga bisa mengatur Optimize access pattern for dengan memilih pilihan Quad-speed or higher. Dan yang terakhir adalah melalui tab Removable Disk, berilah tanda cek pada Enable write behind caching on all removable disk drive.
2.    Mengoptimalkan Hard Disk
Mungkin kita sering mendengar istilah ATA untuk hard disk tapi tidak tahu apa yang dimaksudkan hal tersebut. Dan yang manakah yang paling baik. Yang dimaksud dengan ATA 100 berarti secara teoritis memiliki kecepatan transfer rate maksimun 100MB/sec dan ATA mencapai 66MB/sec, begitu pula dengan ATA-33. Agar dapat mengoptimalkan hard disk kita yang menggunakan ATA-100 atau ATA-66 diperlukan sebuah kabel khusus yang berbeda dengan ATA-33; 80 wire cable digunakan untuk kabel ATA-66 dan atau ATA-100. Bedanya dengan kabel ATA-33 dengan 40 pin cable. Sebab tanpa adanya kabel khusus tersebut hard disk kita yang ATA-100 atau ATA-66 hanya bekerja pada kecepatan seperti ATA-33. Hal ini dapat diibaratkan kita memasuki jalan tol tapi kita menggunakan mobil tua tentu sja perjalanan kita tetap sja lambat.
3.    Mengoptimalkan program dalam Windows
Didalam Sistem Operasi Windows terdapat banyak sekali program yang tersembunyi, yang perlu kita berdayakan, dan siapa tahu saja program tersebut berguna. Untuk menjalankan program tersembunyi tersebut, ada baiknya kita membuat folder khusus untuk meletakkan shortcut dari program tersebut, yang nantinya shortcut tersebut dapat dibuang jika program tersebut tidak penting. Namakan folder tersebut “Hidden Program”. Selanjutnya hilangkan perintah hidden di dalam Folder Options untuk menampilkan semua file didalam Windows. Setelah itu buka fasilitas pencari file, dari start, Find dan pilih Files or Folders. Didalam kotak Named isikan dengan *.exe,*.com. Hal ini berguna untuk mencari program aplikasi didalam computer kita, dan tekanlah tombol Find Now, tunggulah proses tersebut sampai selesai. Setelah selesai, pilih menu edit dan klik Select All, untuk memilih semua file yang tampil disana. Setelah semua file terpilih klik dan geserlah file tersebut ke desktop untuk membuat shortcut-nya dan Cut-lah shortcut tersebut dan paste didalam sebuah folder yang telah kita buat sevelumnya. Cobalah program tersebut satu persatu, jika kita tidak menginginkannya kita dapat menghapus shortcut-nya. Tapi jangan menghapus file program aplikasinya karena merasa program tersebut tidak menarik atau tdiak berjalan. Sebab banyak program yang kecil tersebut merupakan bagian dari program yang besar.
4.     Meningkatkan kecepatan Komputer
Bagaimana kita dapat meningkatkan kecepatan computer kita? Salah satu cara mudah untuk dilakukan adalah dengan mematikan semua Sound (suara) untuk setiap tindakan yang kita lakukan, misalnya setiap mengklik menu muncul suara dan sebagainya. Karena hal ini juga akan memakan memory yang dapat embuat berkurangnya kecepatan computer. Dan juga wallpaper yang digunakan jangan terlalu mencolok karena ia juga memakan memory, usahakan gambar yang sederhana dan dalam bentuk bitmap. Cara ini sangat cocok sekali untuk computer yang memiliki kecepatan rendah.
5.    Mengoptimalkan Windows
Untuk mengoptimalkan windows agar tidak mudah terjadi hang, kita harus melakukan sedikit perubahan didalam file system ini. Caranya adalah: tekan tombol start baru pilih Run dan ketikkan: msconfig atau system ini. Lalu ubahlah huruf untuk drive yang kita gunakan misalnya mengubah: Pagingfile=d:win386.swp menjadi: PagingFile=D:/win386.swp. Kemudian simpanlah kembali file tersebut. Sekarang kita dapat bekerja dengan nyaman.

           
Labels:
 
My Ping in TotalPing.com