Mencari Hikmah dan Makna Dibalik Kata Idaman

Menempuh pendidikan seperti apakah yang anda inginkan? Baik bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang strata satu (S1) atau Strata dua (S2) dan jenjang yang lebih tinggi lagi.
Didasarakan pada apakah keinginan kita untuk menuntut ilmu? Apakah arti Perguruan Tinggi Idman yang sebenarnya? Begitu banyak pertanyaan dalam benak saya tentang hal yang menyangkut pendidikan di perguruan tinggi.
Dalam artikel ini saya akan berbagi cerita tentang apa arti sesungguhnya dari Perguruan Tinggi IDAMAN. Kenapa kata “idaman” tercetak dengan hurup besar? Sebuah kisah untuk motivasi kita yang tidak mampu kuliah di Perguruan Tinggi yang mahal namun tetap menjadi IDAMAN kita.
-Manfaat-
Membidik konsep pendidikan
Ketika saya lolos di salah Perguruan Tinggi Swasta yang bernafaskan Islam. Waktu itu masih tidak ada gambaran yang lain tentang sesuatu yang saya idamkan dari Perguruan Tinggi ini selain bangunanya yang megah dan linkungannya yang asri telah terpenuhi. Namun dengan bangunan yang sederhana dan lingkungan yang biasa saja kita dapat menikmati mutu pendidikan yang sebenarnya.
Selang waktu berjalan saya mulai merasa ada yang berbeda yang ditawarkan dari Perguruan Tinggi ini, yaitu  konsep pendidikannya. Yang menjalankan dua jalur sekaligus secara beriringan dan seimbang. Konsep “langit dan bumi” kalau boleh saya katakan. Maksudnya disini bukan konsep yang berlawanan, tetapi sesuatu yang saling mendukung antara satu dan yang lain, yang mendasari ilmu yang ada.
Karena Perguruan Tinggi ini bernafaskan Islam maka kami semua yang ada di Perguruan Tinggi yang sedang menuntut ilmu di harapkan lulus dengan dua gelar. Suatu konsep pendidikan yang bagus menurut saya. Begitu bangganya saya menyebut dua gelar, walaupun di Ijazah gelar saya cuma satu dengan titel ST. Begitu bagus konsep ini yang mendidik kami dan membimbing kami ke jalur menuntut ilmu yang sebenarnya, yaitu ilmu bumi : ilmu pendidikan yang kami tempuh sesuai jurusan dan program study yang kami pilih . Saya katakan ilmu bumi karena dititik beratkan pada hasil timbal balik secara horizontal, dan ilmu langit : segala macam bentuk ilmu pendidikan tentang Islam, yang menempa akhlak dan ilmu Islam kami. Saya katakan ilmu langit karena didasarkan pada hubungan dan tanggung jawab kita secara vertikal. Dua bekal yang sangat berguna di kehiudpan yang sesungguhnya. Karena menurut saya hal itulah yang paling kuat mendasari perilaku saya sekarang disaat saya sudah masuk ke masyarakat dan dunia kerja. Dimana limu pengetahuan yang saya dapat bisa saya amalkan dengan topangan dan pondasi Agama yang bermanfaat. Karena ilmu Islam ini yang meluruskan semua jalur ilmu yang lain.
Begitu banyak hal yang mungkin tidak bisa saya ungkap satu persatu dari manfaat dan kelebihan di Perguruan tinggi ini. Namun inti dari sepenggal pengalaman saya menuntut ilmu adalah pikirkan apa manfaat dan tujuan kita masuk ke Perguruan Tinggi yang mungkin bisa kita sebut idaman kita, jangan kita nilai dari gengsi namanya, megah bangunannya, fasilitas ruang AC, dll, tapi konsep dan kelebihan apa yang ditawarkannya yang menjamin kita menjadi manusia yang berguna di kehidupan yang sesungguhnya. Dan ini adalah MANFAAT yang kita dapat untuk menjamin kita pada kehidupan setelah kuliah.
Sekali lagi, alangkah lebih baiknya sebelum kita menentukan Perguruan Tinggi, bidiklah konsep dasar pendidikan yang ditawarkannya sehingga kita lulus dengan membawa nilai plus dari konsep tersebut. Seperti contoh, Perguruan Tinggi yang menawarkan konsep “langit dan bumi”, insya Allah akan menjadi rahmatanlillalamin.
-Indah-
Didasarakan pada apakah keinginan kita untuk menuntut ilmu?
Dapat ijazah tanpa harus masuk kuliah? Sangat luar biasa dan ajaib menurut saya, tapi itulah kenyataanya yang ada di tengah-tengah kita. Banyak perguruan tinggi yang menawarkan kuliah seperti itu, dengan membayarkan sejumlah uang kita tidak harus pergi untuk berkuliah dan bahkan tanpa ujian kita sudah bisa mempunyai gelar sarjana. Hal seperti ini sering saya lihat dan semua didasarkan pada keingin menduduki suatu jabatan dan jenjang karing yang bagus secara cepat. Tidak perduli ilmu yang di dapat, yang penting cepat naik pangkat. Banyak orang berkata sesuatu yang cepat didapat akan cepat pula hilangnya.
Namun masih banyak teman-teman yang kuliah menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh. Hal ini didasarkan pada keinginan mengamalkan ilmu pengetahuan yang mereka dapat. Saya berfikir dengan ilmu yang benar-benar kita dapat dan kita amalkan dengan baik akan menjamin jejang karir yang bagus untuk kita dalam pekerjaan walaupun tidak datang secara cepat. Namun sesuatu yang datang sesuai dan tepat pada waktunya akan lebih INDAH dan lebih manfaat.
Jika kita harus memilih, apakah menjadi idaman kita salah satu dari dua hal di atas? Memilih perguruan tinggi yang lulus secara instant atau benar-benar menjalaninya dengan sungguh-sungguh? Tidak aneh jika banyak mereka yang memilih lulus secara instant dan mudah mendapatkan gelar karena konsep dasar yang mereka pakai hanya konsep bumi. Jika kita juga di imbangi dengan konsep langit, dan bahkan konsep langit inilah yang menjadi dasaranya insya Allah hal yang INDAH pada waktunya akan kita dapat. Yang artinya segala bentuk jabatan dan jenjang karir serta kesuksesan datang kepada kita disaat yang tepat. Tidak terlalu cepat maupun terlambat.
Namun kembali lagi pada teman-teman semuanya, apapun pilihan perguruan tinggi kalian hal dasar untuk memotifasi kalian adalah jangan cemas dimanapun kalian kuliah, walupun tidak berhasil masuk Perguruan Tinggi yang diinginkan karena terbatas biaya dan lain sebaginya, kita masih bisa kuliah di Peruguran Tinggi Idaman. Saya yakin teman-teman semua akan mendapatkan Perguruan Tinggi IDAMAN = Indah dan Manfaat. Indah pada waktunya dan manfaat dari konsep pendidikan yang ditawarkan. Dan percaya semua yang kita jalani sudah dalam rencana Tuhan.
Sekali lagi, kunci dari kata IDAMAN adalah Indah dan Manfaat. Walaupun tempat kuliah kita tidak mewah namun jika kita belajar dengan sungguh-sunguh dan menuntut ilmu dengan benar, tidak memakai konsep instant insya Allah jika lulus dan bekerja nanti kita akan mendapatkan jabatan dan jenjang karir dengan waktu yang tepat, yaitu INDAH pada waktunya. Jangan berkecil hati dengan fasilitas kampus kita tidak sehebat kampus mahal, namun bidiklah perguruan tinggi yang memiliki konsep yang berbeda yang menawarkan MANFAAT kepada kita untuk bekal masa depan kita yang menunjang jalan kita untuk mendapatkan keindahan tersebut.
Semoga artikel ini bisa menjadi motivasi teman-teman semua yang akan menjadi mahasiswa.
Salam Sukses

0 comments:

 
My Ping in TotalPing.com