Pasang Google Analytics

Pasang Google Analytics

Google analytics mungkin sudah tidak asing bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia maya.
Tetapi bagi Anda yang masih baru dan ingin membangun bisnis internet mungkin perlu memahami dan menggunakan tool ini.
Apa Manfaat Google Analytics?
Mungkin itu pertanyaan yang muncul di hati kita, untuk mencari tahu manfaat google analytics saya ambil dari sumbernya langsung :
Google Analytics menginformasikan tentang cara pengunjung menemukan dan berinteraksi dengan situs Anda. Anda dapat membandingkan perilaku dan keuntungan pengunjung yang diarahkan dari setiap iklan, kata kunci, mesin pencari, dan email Anda, serta mendapatkan pemahaman yang berharga tentang cara menyempurnakan konten dan desain situs Anda. Apapun ukuran situs dan bagaimanapun Anda mengarahkan lalu lintas ke situs tersebut – dengan pencarian gratis, situs mitra, AdWords, atau program biaya per klik lainnya – Google Analytics akan melacaknya, dari klik hingga konversi.
Khususnya bagi pengguna AdWords, Google Analytics menyediakan informasi yang dapat ditindaklanjuti, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan ROI dengan melacak data biaya semua kampanye Anda dan menggabungkan data tersebut dengan informasi konversi berdasarkan setiap halaman. Google Analytics akan mengimpor data biaya AdWords secara otomatis, sehingga Anda dapat melacak efektivitas kampanye AdWords dan menandai URL tujuan AdWords secara otomatis untuk melacak kata kunci dan tingkat konversi kampanye tanpa bersusah payah!
Bagaimana cara pasang google analytics di website atau blog kita?

Langkah-langkah pasang google analytics sebagai berikut :
    Kemudian pada window selajutnya klik Create New Account, maka akan tampil window seperti berikut : Kemudian lengkapi data-data pada form berikut : Dan dilajutkan pada form berikut :
  1. Daftar ke Google Analyitics
  2. Klik Sign Up Now, login dengan account google Anda
  3. Klik Continue dan beri tanda centang pada bagian
    Yes, I agree to the above terms and conditions.
  4. Copy paste script code ke website Anda
  5. Klik Save and Finish
Cara Pasang code google analytics
    Untuk pengguna wordpress seperti saya ada cara mudah yaitu dengan copy paste code google analytics di widgets
  • Copy paste script code ke website Anda sebelum tag </body>
Bagaimana kalau lupa code google analytics-nya?
  • Login ke Google Analytics
  • Klik Edit
  • Klik Check Status, maka Anda akan menemukan lagi code tersebut
Cara Mengaktifkan google Analytics
    Klik Check Status, maka akan muncul window spt ini : Klik Edit, kemudian akan masuk window spt ini : Login ke Google Analytics atau bila meneruskan langkah di atas, Anda akan masuk window sbb :
  1. Bila pemasangan kode berhasil maka akan muncul gambar jam pada kolom status. Biasanya menunggu 1-24 jam untuk selasai tracking.
  2. Bila sukses maka pada kolom status akan muncul tanda cek seperti gambar di bawah :
Dengan memasang google analytics di website/blog akan banyak manfaat yang akan bisa kita peroleh. Kita bisa menganalisa pengunjung datang dari mana, lebih tertarik ke topik apa dsb.
Selamat mencoba semoga bermanfaat.
Labels: ,

0 comments:

 
My Ping in TotalPing.com