Bagaimana Menarik Minat Orang Untuk Mengunjungi Web Site Anda

Ketika membangun sebuah web site, kebanyakan web marketer selalu berpedoman pada model 'bila Anda membangunnya, pengunjung akan datang'. Padahal tidak selalu demikian. Jika Anda memutuskan untuk membuat sebuah web site, Anda harus juga memberikan alasan kenapa orang harus mendatanginya.

Sebuah situs merupakan bentuk pasif dari teknik pemasaran: hanya berperan seperti papan reklame yang memberitahukan orang pada jasa dan produk Anda. Agar efektif, sebuah web harus berhubungan dengan sedikitnya 7 bentuk teknik marketing aktif. Jadi bagaimanakah caranya orang-orang dengan bisnis menengah menarik minat konsumen ke dalam web site-nya?

Pertama, iklankan web site Anda ke berbagai 'search engine' yang mengindekskan web, seperti Yahoo, Lycos, WebCrawler, atau InfoSeek. Proses pendaftarannya cukup mudah. Sebuah situs bernama Submit-It menyediakan sebuah layanan untuk mendaftarkan nama situs Anda ke sedikitnya 15 index terpenting. Bila Anda melakukannya pada malam hari, ketika lalu lintas di net berada pada titik terendah, Anda dapat melakukannya dalam waktu sekitar tiga perempat jam. Bila semuanya lancar, seorang klien yang membutuhkan jasa Anda akan dengan cepat dapat menemukan Anda.

Biasanya Anda akan diminta untuk memasukkan 25 kata atau sekitar 200 karakter untuk mendeskripsikan web site Anda. Deskripsi ini harus disusun secara cermat, sehingga orang akan mudah untuk menemukan situs Anda. Celakanya, karena kurangnya pengalaman, Anda dapat saja secara ceroboh menuliskan deskripsi yang dapat menghancurkan kesempatan Anda untuk dapat terlihat oleh calon pelanggan. Dua puluh lima kata ini harus ditulis dengan kata-kata kunci yang biasa digunakan konsumen untuk menemukan Anda. Bila Anda ingin mengganti deskripsi setelah 1-2 bulan, maka dibutuhkan waktu lebih dari 1 jam untuk menghubungi setiap layanan secara terpisah, dan meyakinkan mereka agar mau mengubah deskripsi tersebut.

Kedua, Anda harus memberikan alasan yang baik bagi konsumen untuk datang. Pendekatan marketing yang sudah terbukti berjalan adalah dengan menawarkan sesuatu secara gratis. Sebuah web site yang dikelola oleh sebuah perusahaan kaya mampu menawarkan tiket hiburan secara gratis bagi pengunjungnya. Sementara ini Anda mungkin tak mampu membiayainya. Sebagai jalan keluarnya, tawarkanlah berbagai informasi yang berharga. Bila Anda menyediakan waktu untuk meng-update berbagai informasi tentang bisnis Anda, orang akan kembali datang ke situs Anda dan hal ini memperbesar peluang mereka untuk berbisnis dengan Anda.

Sebagai contoh, Wilson Internet Services, menawarkan Web Marketing Info Center, yang menawarkan berbagai link ke sumber berbagai artikel web marketing. Karena sangat bernilai, majalah Your Company mengangkatnya menjadi situs bisnis kecil paling top di US, mampu menarik minat banyak orang untuk mengunjungi situsnya, sehingga memperbesar kemungkinan orang memikirkan harga murah yang mereka tawarkan bagi sebuah paket pembuatan web site.

Ketiga adalah berhubungan dengan situs industri besar dan menawarkan link dari dan ke situs mereka. Sebagai imbalannya adalah daftar member Anda. Beberapa pusat kerajinan online, menawarkan link gratis ke pengrajin lainnya. Bila Anda memiliki sebuah hotel, buatlah link dengan "Seluruh hotel di Web", Konsultan akan mencari link menggunakan The Expert Marketplace, atau mencari berdasarkan Virtual Trade Show. Seluruh daftarnya akan sangat panjang, tapi sangat spesifik untuk setiap industri. Telusuri di Internet untuk menemukan situs kunci di bidang Anda, dan kemudian buatlah link ke sana.

Keempat adalah dengan membeli iklan di web site yang padat pengunjungnya, iklan ini juga merupakan sebuah link ke perusahaan atau situs Anda. Beberapa persen dari ribuan pengunjung mereka juga akan mengunjungi situs Anda, dan semoga mereka menyukai apa yang mereka temukan. Seluruh industri telah berkembang menjadi pemuat iklan sejenis tersebut. Carilah sebuah situs berita populer seperti Kompas Cyber Media (www.kompas.com), sehingga menjamin iklan Anda terlihat oleh jutaan pembaca mereka. Anda juga harus menemukan cara untuk menguji keefektifan sebuah iklan dengan cara memisahkan pengunjung dari iklan yang berbeda di beberapa media dan mengukur click-through antara masing-masing iklan tersebut, sehingga Anda dapat memonitor keefektifannya.

Kelima untuk memperkenalkan situs Anda adalah dengan cara ikut aktif dalam berbagai news group Internet dan mailing list. Cari grup yang kemungkinan besar dikunjungi oleh konsumen potensial Anda-grup akan sangat tersegmentasi, dan ikutlah dalam diskusi mereka. Kemungkinan Anda akan menemukan grup yang berhubungan dengan industri Anda dengan melakukan riset dengan DejaNews (http://www.dejanews.com), yang mencari pesan berisi topik tertentu atau perusahaan dalam ribuan news group dan mailing list.

Keenam, buatlah web site Anda bagian dari sebuah mal. Bisnis di mal biasanya mendapatkan keuntungan dari begitu banyaknya jenis barang yang dipajang. Begitu juga bisnis online, semakin banyak jenis barang yang Anda tawarkan, akan semakin memperbesar kemungkinan Anda memperoleh keuntungan. Beberapa mal hanya berlangganan pada ISP-ISP tertentu dengan membayar sewa atau mengambil beberapa persen dari keuntungan kotor mereka. Sebagai contoh, Kompas Cyber Media WebStore (www.kompas.com/webstore) membangun sebuah mal di mana produsen dapat memajang produk mereka dengan biaya keanggotaan yang sangat murah. Mal terbesar adalah Yahoo (http://www.yahoo.com), yang tidak memungut bayaran, tapi mendapatkan keuntungan dari iklan yang dipasang.

Ketujuh, sertakan alamat e-mail dan situs Anda di media cetak, dan iklan display. Bila orang percaya mereka bisa menemukan informasi lebih banyak tentang produk atau layanan Anda secara online, percayalah mereka akan melakukannya.

Demikianlah tujuh langkah penting untuk meningkatkan lalu lintas situs perusahaan Anda. Bila Anda menggunakan sebagian besar dari langkah-langkah pemasaran ini, beberapa tahun dari sekarang mungkin Anda akan dapat menyombongkan kesuksesan Anda ketika membangun web site, daripada menyumpahinya sebagai sarana membuang-buang uang.

0 comments:

 
My Ping in TotalPing.com