Rumus Menghafal Kosakata

1. Kontekstual!: Anda mungkin pernah mendengar saran seperti – hapalkan 5 kosa kata baru tiap hari, niscaya semakin banyak kosakata yang anda kuasai.
Saya katakan, bisa iya dan banyak tidaknya. Faktanya, ketika hari ini anda berhasil menghafal 5 kata, besok ketika anda mampu menghafalkan 5 kata baru lagi, maka hafalan anda yang yang hari ini akan hilang. Akhirnya jika anda belajar selama setahun (365 hari) maka di akhir tahun hafalan anda : CUMA 5 KATA BARU. Lantas bagaimana cara yang efektif? Menurut saya adalah jika anda ingin menghafal banyak kosakata dan MAMPU MENGGUNAKANNYA maka pakailah cara-cara (kegiatan) yang saya sebutkan seperti di poin dua di atas. Selain itu, ada cara lain yang mungkin bisa anda coba.. tapi sebelumnya saya ingin tanya anda dulu..
Siapa diantara anda yang bisa menyebutkan dalam bahasa inggris bagaimana menyajikan mie instan dalam bahasa inggris?

Kalau anda bisa… bagus, kalau tidak bisa begini caranya – tertutama anda yang pernah dan masih jadi anak kos pasti tahu cara membuat dan menyajikan mie instan. Siapkan sebuah mie instan lengkap dengan bungkusnya, masaklah seusai prosedur. Nah sambil menunggu mie instan siap disajikan maka BACALAH PETUNJUK PENYAJIAN yang ada pada bungkus mie instan tersebut. Disana ada cara penyajian yang ditulis dengan 3 bahkan 4 bahasa, indonesia, inggris, arab dan bahkan cina. Perhatikan apa bahasa inggrisnya mengaduk dengan rata pasti akan anda dapatkan istilah stir well dan seterusnya.. anda tidak perlu secara khusus menghafalkan istilah tersebut dan membawa bungkus mie instan kemana-mana  selain memalukan tidak keren.. tetapi cukup setiap anda masak mie instan atau pas membeli mie instan maka anda bisa baca dan pelajari… insyaAllah kalau anda maniak mie instan dan membuat mie sehari dua kali maka dijamin dalam seminggu anda sudah bisa mengatakan bagaimana menyajikan mie instan dalam bahasa inggris.
Cara seperti ini bisa anda terapkan bagi penggemar makanan atau minuman instan lainnya, seperti jamu seduh. Jangan sia-siakan bungkus-bungkus itu berlalu begitu saja tanpa anda mendapatkan manfaat berupa tambahan kosa kata dalam bahasa inggris sama sekali. Selain makanan dan minuman, jika anda penggemar film atau musik atau apa saja juga lakukan kegiatan belajar – terutama menambah kosakata. Karena cara inilah yang lebih membekas dan menancap kuat dalam ingatan kita.
Saya masih ingat, ketika film yang di bintangi Bruce Willis lagi ngetrend.. pas saya SMA, saya penasaran sekali dengan judulnya DIE HARD… ketika saya artikan secara apa adanya artinya jadi lucu: MATI KERAS .. atau MATI KAKU… ah masak ada film judulnya mati kaku.. akhirnya saya coba membuka kamus yang agak lengkap ternyata itu hanya idiom.. yang artinya : PANTANG MENYERAH.. sejak saat itu arti dari Die Hard – tidak pernah hilang dari benak saya sampai sekarang meski sudah hampir 20 tahun!
Kata lain yang tidak lupa sampai sekarang adalah minum obat dulu saya selalu bilang drink the medicine tetapi setelah tahu di bungkus jamu ternyata minum obat bahasa inggrisnya take the medicine .
Nah.. begitulah yang saya maksud belajar secara kontekstual.. terutama dalam menghafalkan kosa-kata… karena INTI DARI MENGUASAI BAHASA ASING ADALAH SEBERAPA BANYAK KITA MENGUASAI KOSAKATA dari bahasa tersebut.. BUKAN TATABAHASANYA!
Karena betapa banyak orang yang menguasai tatabahasa tidak bisa menggunakannya dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan.. bahkan saya YAKIN… bahwa ANDA TIDAK MENGUASAI TATA BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR.. tetapi ANDA BISA BERBAHASA INDONESIA!
Betul?! Anda tidak setuju…boleh protes kok!
4. Lupakan Gramar, tata bahasa dan Tenses: tentu ini sangat ekstrim, tetapi jika anda ingin cepat bisa berbahasa inggris terutama dalam bekomunikasi lisan… lupakan itu semua… karena Prinsip Komunikasi Adalah TST [ Tahu Sama Tahu] , jadi selama orang yang anda ajak bicara tahu yang anda maksud.. maka gugur sudah kewajiba anda menguasai tata bahasa dan teman-temannya.. saya ingin memberikan contoh nyata yang saya dapatkan langsung justru dari Native Speaker yang berbahasa inggris.. dalam percakapan mereka sama saja dengan kita…berikut contohnya:
” Me come tomorrow “ ini diucapkan oleh seorang bule yang bercakap-cakap dengan temen saya di pantai kuta bali.. anda yang paham tata bahasa pasti bilang bahwa hal ini adalah salah secara tata bahasa.. tetapi siapa yang tidak faham artinya?
” You Look, Who? “ saya mendengarnya dari seorang bule dari australia yang mengajar bahasa inggris di IKIP Jogja (sekarang UNY ) – Tahukan artinya?
Ya.. “Anda/Kamu cari siapa?” (ingat look bisa berarti mencari selain melihat )
Nah kalau anda sudah tahu contoh nyata di lapangan seperti itu.. apakah anda masih akan ragu-ragu untuk bisa berbicara dengan bahasa inggris. Sepengalaman saya menggunakan bahasa TST ini, saya tidak pernah diprotes, paling-paling kalau mereka tidak faham saya diminta mengulanginya..
Apakah ini berlaku untuk Speaking (berbicara) saja?
Saya rasa tidak juga… selama itu untuk komunikasi informal seperti chatting di Yahoo Mesengger dengan tertulispun tidak masalah.. bahkan saya lihat blog-blog indonesia yang berbahasa inggris (seperti yang membuat theme blog ini – http://jauhari.net ) tulisannya secara tata-bahasa kurang tepat, tapi saya lihat pengunjung dari manca yang berbahasa inggris pun tidak pernah mempemasalahkan dan salah paham.
Yang mungkin perlu anda perhatikan mungkin jika anda menulis surat lamaran dalam bahasa inggris, maka anda harus memperhatikan tatabahasa secara baik. Sedangkan untuk selain itu saya kira oke-oke saja..
Nah cobalah sekarang untuk chatting dengan orang-orang yang berbahasa inggris di ruang-ruang chatting di YM, IRC atau yang khusus untuk belajar bahasa inggris seperti di http://teachers.net atau http://englishclub.com
5. Carilah Teman Senasib!: ini serius, teman senasib disini adalah temen-temen yang punya niatan untuk belajar bahasa inggris dengan cara-cara yang anda suka. Hal ini bisa secara virtual di dunia maya seperti internet ini melalui dua situs terakhir yang saya sebutkan di atas atau juga bisa gabung dengan klub-klub bahasa inggris seperti yang difasilitasi Radio Kangguru – anda bisa melihat alamat-alamat klub terebut di situs radio kangguru di http://kangguru.org atau juga melalui radio-radio lokal di kota anda yang ada siaran bahasa inggris.. untuk pendengar indonesianya.
Manfaatkan hal itu.. gabunglah dengan kegiatan yang diadakannya. Insya Allah bermanfaat.
5. Tetap Semangat!: lho apa hubungannya? Ya.. yang namanya belajar itu terkadang mengalami kejenuhan.. terutama jika anda belajar sendiri tidak ada temannya… itu wajar-wajar saja.. hanya orang-orang tertentu dan hebat yang bisa belajar sendiri dan selalu tetap semangat setiap saat… nah kalau orang normal pada umumnya rasa bosan itu mesti ada.. Lantas?
Lupakan sejenak hal-hal yang membuat jenuh.. baca dan lakukan hal-hal lain yang anda suka. Tetapi saran saya sih buatlah sesuatu yang anda merasa selalu untuk bisa kembali mempelajari hal tersebut, seperti apa?
Ya, seperti membuat blog ini, anda tahu bahwa blog ini (http://hmc.web.id) saya buat agar saya tetep selalu bisa dan belajar bahasa inggris .. karena pekerjaan saya sehari-hari sama sekali tidak menuntut saya untuk bisa belajar bahasa inggris.. nah kalau agar ilmu saya bermanfaat dan tidak hilang maka saya buat blog itu.. saya selalu tetap semangat untuk menulis dan mengisi blog tersebut apabila melihat komentar-komentar positif yang ada disana… meski saya harus berjuang menyisihkan waktu dan membuka-buka lagi kamus dan itu tidak mudah – sehingga wajar saja kalau anda lihat tingkat update-nya tidak terlalu sering… atau anda ingin membantu saya jadi kontributor di blog ini? Silahkan sekalian anda belajar bahasa inggris…

1 comments:

duHaSukry27 said...

Syukron Jazzakallah Khoiron, mantav kak semoga bermanfaat dan sama sama belajar bahasa asing 😊

 
My Ping in TotalPing.com